Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Headline / Bangun Jaringan Internet di 5000 Desa, Menteri Desa Minta Kades Belajar Komputer
Bangun Jaringan Internet di 5000 Desa, Menteri Desa Minta Kades Belajar Komputer | gambar: tribunnews.com

Bangun Jaringan Internet di 5000 Desa, Menteri Desa Minta Kades Belajar Komputer

Bangun Jaringan Internet di 5000 Desa, Menteri Desa Minta Kades Belajar Komputer.

Desa Seliling | Teknologi Informasi termasuk diantara internet tentunya suka tidak suka, siap tidak siap, bisa tidak bisa, kebutuhan Teknologi Informasi mutlak diperlukan dalam kemajuan kehidupan manusia. Demikian juga desa yang merupakan bagian dari miniatur negara di setiap desa tentunya juga sangat membutuhkan adanya peran teknologi informasi untuk memajukan desa bersama program-programnya.

Kepedulian pemerintah dan keseriusanya untuk memajukan desa sudah diwujudkan dengan dibentuknya UU tentang Desa, dimana salah satunya memberikan anggaran desa yang sangat besar hingga 1 miliar lebih.

Banyaknya anggaran tersebut harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh pemerintahan desa, salah satunya tentunya bisa untuk membuat program terkait dengan memanfaatkan teknologi informasi untuk memajukan desanya.

Sejalan dengan pemanfaatan Teknologi Informasi di desa-desa, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Marwan Jafar mengatakan bahwa Kepala Desa harus belajar komputer dan internet.

Dikutip dari tribunnews.com [5/12/14], Seluruh kepala desa seluruh Indonesia beserta perangkatnya diminta mempelajari teknologi dan informasi. Sebab, pemerintah melalui Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi akan membangun jaringan internet di 5000 desa.

“Jadi pak kepala desa, belajarlah komputer agar kita bisa berkomunikasi secara online,” ujar Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Marwan Jafar dalam pernyataannya saat mengunjungi desa Sriwedari, Tegineneng, Kabupaten Pesawaran, Lampung, Jumat(5/12/2014).

Menurut Marwan, dana untuk pembangunan desa tersebut diperkirakan menghabiskan dana Rp 1,4 miliar dan mulai cair April tahun 2015 mendatang. Karena itu, ia meminta aparatur desa menyiapkan diri.

“Kami minta aparatur desa mulai siap-siap. RPJMDes harus disiapkan,” katanya.

Menteri Marwan berharap dana desa itu digunakan sebaik-baiknya untuk kesejahteraan rakyat. “Jangan diselewengkan karena ini untuk hahat hidup orang banyak,” ujarnya.

Rencana tersebut dilakukan lanjut Marwan sebagai bagian dari upaya menciptakan pembangunan dari desa. “Kita ingin membangun dari desa, menciptakan gula gula di desa, jika desanya maju, warganya tidak perlu ke Jakarta atau jadi TKI,” katanya.

Menteri Marwan juga menginstruksikan kepala desa untuk membentuk BUMDES sesuai dengan potensi desa masing-masing.

“Saya juga nanti membentuk koperasi di desa. Kita ingin membangun dari desa, menciptakan gula gula di desa.. jika desanya maju, kita tidak perlu ke Jakarta atau jadi TKI,” ujarnya.

Kesiapan desa akan mempengaruhi pelaksanaan pembangunan dan pemberdayaan desa. Pemerintah juga, kata Menteri, akan menyiapkan tenaga pendamping desa untuk mengawal dan membantu implementasi dana desa.

“Nanti para pendamping ini akan memberikan asistensi dalam proses pembangunan desa mulai dari perencanaan, pembangunan, hingga pelaporannya,” kata Marwan.

Sementara itu di Pesawaran, seluruh camat hadir termasuk Kepala Desa di Kecamatan Tegineneng. Menteri Marwan secara simbolis menyerahkan bantuan sosial di kabupaten itu sebesar Rp 10 miliar. Bantuan itu antara lain berupa alat kesehatan, Pembangkit Listrik Tenaga Surya, kapal feeder, dan bantuan penguatan kapasitas masyarakat serta lembaga kesehatan.

Tahun ini, Kabupaten Pesawaran sudah terbebas dari kategori daerah tertinggal dari 113 kabupaten tertinggal yang masih ada.

“Kita secara bertahap akan mengurangi daerah tertinggal, tentu dengan kualifikasi yang terukur,” ujar Menteri Desa.

Tentang | Desa Seliling

Desa Seliling
Website Seliling.COM ini dibuat untuk menjadi media silaturahmi antar warga Desa Seliling dimanapun berada. Jika anda warga Desa Seliling Alian Kebumen Jawa Tengah dimanapun berada, silahkan ikut bergabung dan berkontribusi sebagai kontributor dengan cara Registrasi di pojok kanan atas. Anda bisa mengirimkan tulisan kegiatan warga, artikel, profile pedukuhan, berita pernikahan, wisata, potensi desa, Jalanan rusak, kasus korupsi dan lain-lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *