Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Nasional / Banyak Warga Desa Justru Tak Tahu Dana Desa

Banyak Warga Desa Justru Tak Tahu Dana Desa

Banyak Warga Desa Justru Tak Tahu Dana Desa.

Desa Seliling | Ketua Komisi V DPR Fary Djemi Prancis mengatakan, Komisi V DPR akan membentuk Panitia Kerja (Panja) Pemanfaatan Dana Desa agar bisa dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk masyarakat desa.

“Beberapa waktu lalu, kami melakukan kunjungan ke beberapa desa di Kabupaten Kota, kami  mendapat informasi terjadi kebolongan-kebolongan dalam pemanfaatan dana desa itu, dan banyak pula masyarakat desa yang tidak tahu mengenai dana desa, dan yang tahu hanya para elit-elit ditingkat desa, untuk itu secara tegas Komisi V bersama-sama akan membentuk Panja Pemanfatan Dana Desa,”jelas Fary dalam keterangan tertulis.

Menurut Fary, pembentukan Panja ini penting, karena untuk tahun 2016 ini, dana desa yang dikucurkan meningkat hampir 100 persen, “Dana yang dikucurkan untuk dana desa sekarang meningkat dari 21 triliun menjadi 47 triliun untuk tahun 2016, itu naik sampai 100 persen,” terangnya dikutip dari waspada.co.id  [18/03/16].

Jadi untuk tiap desa, jelas Fary, untuk tahun 2016 mendapat hampir 700 hingga 800 juta perdesa, “Tahun 2015 lalu perdesa kurang lebih 200 sampai 300 juta, sekarang meningkat, jadi jangan main-main, ini dana cukup besar,” tegas Fary.

Lebih lanjut, ia menambahkan, bahwa Komisi V DPR akan terus memantau secara langsung pemanfaatan dana desa ini, dan berharap dana desa dimanfaatkan oleh masyarakat desa itu sendiri.

Disini Fary menjelaskan, pemanfaatan dana desa itu salah satunya melalui pendekatan pemberdayaan masyarakat, “Kalau kita mengatakan, pendekatan pemberdayaan masyarakat maka indikatornya jelas, yaitu masyarakat ikut dilibatkan, baik perencanaan, pelaksanaan sampai dengan monitoring dan evaluasi,” paparnya.

Lalu, lanjut Fary, harus juga memanfaatkan sumber daya alam dan potensi-potensi yang ada didesa dan yang paling penting, bahwa manfaat dana desa itu untuk masyarakat desa, “Itu adalah indikator tentang pemberdayaan masyarakat yang kita sepakati bersama,” pungkasnya.

Tentang | Desa Seliling

Desa Seliling
Website Seliling.COM ini dibuat untuk menjadi media silaturahmi antar warga Desa Seliling dimanapun berada. Jika anda warga Desa Seliling Alian Kebumen Jawa Tengah dimanapun berada, silahkan ikut bergabung dan berkontribusi sebagai kontributor dengan cara Registrasi di pojok kanan atas. Anda bisa mengirimkan tulisan kegiatan warga, artikel, profile pedukuhan, berita pernikahan, wisata, potensi desa, Jalanan rusak, kasus korupsi dan lain-lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *