Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Nasional / Desa ini Diserang oleh Puluhan Gajah
Ilustrasi: Kawanan Gajah serang lahan warga desa. | foto: wordpress.com

Desa ini Diserang oleh Puluhan Gajah

Desa Seliling | Jika di pulau jawa, cerita tentang desa yang diserang oleh kawanan gajah mungkin sesuatu yang tidak mungkin. Berbeda dengan desa-desa yang berada dipinggiran Aceh yang dekat dengan hutan, serangan gajah seringkali menyerang desa dan lahan pertanian mereka.

Dikutip dari tribunnews.com (25/4/14), Diperkirakan, sebanyak belasan ekor gajah menyerang Desa Bergang, Kecamatan Ketol, Aceh Tengah, Rabu (23/4/2014) pagi. Puluhan hektare kebun masyarakat, mulai dari kopi, coklat, pinang, termasuk cabai rusak diamuk binatang berbelalai panjang itu, tetapi tidak sampai menyerang rumah penduduk.

Ketol yang berjarak sekitar 45,5 km dari pusat Kota Takengon, mulai mencekam, seiring warga takut pergi ke kebun, khawatir diserang kawanan gajah tersebut. Sehingga, tanaman warga yang telah rusak terpaksa dibiarkan, sampai kondisi kembali aman dengan memastikan tidak ada lagi gajah berkeliaran di kawasan hutan desa.

Kabid Perlindungan Hutan Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Disbuthun) Aceh Tengah, Zulfandiara Gayo yang berada di lokasi serangan gajah menyatakan kawanan binatang berbadan besar itu sudah ada sejak Selasa (22/4/2014) malam. Dia memperkirakan, jumlahnya sekitar 15 ekor, termasuk anak-anak gajah yang dibawa serta induknya untuk mencari makanan di kebun warga.

Dia mengungkapkan, kawanan gajah itu diperkirakan juga akan memasuki kampung, karena hanya berjarak sekitar 200 meter dari pemukiman. Tetapi seusai merusak kebun kopi, coklat, pinang dan tanaman muda, mamalia besar itu langsung menghilang.

Sebelumnya, warga langsung melapor ke petugas Pamhut, tetapi seusai diperiksa di lokasi kejadian, bintang yang dilindungi itu sudah menjauh dari pemukiman warga. Dia menambahkan, untuk memastikan tidak ada lagi gajah di area kebun warga, petugas Dinas Kehutanan beserta Pamhut dan dua anggota Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh Tengah tetap memantau.

Dia menyatakan, pihaknya masuk ke kawasan hutan sejauh 500 meter dari kebun warga dan menemukan kotoran dan bekas kaki gajah dengan arah ke Gunung Goh, Bireuen.

“Diperkirakan, kawanan gajah belum keluar dari Kecamatan Ketol,” kata Irwansyah, salah seorang anggota Pospolhut Kehutanan Totor Ayun, Ketol.

Dia menambahkan, petugas yang berjumlah 15 orang terus berupaya mengetahui keberadaan kawanan gajah itu. Namun posisi gajah belum juga diketahui.

“Kami hanya ingin memastikan, apakah gajah itu masih di Aceh Tengah atau sudah menjauh,” ujar Irwansyah.

“Jika ternyata masih dekat dengan Desa Bergang, kita tentu khawatir dan harus mempersiapkan upaya perlindungan dengan cara mengusir kawanan gajah itu,” kata Zulfandiara Gayo. Hingga Kamis (24/4/2014), ratusan warga di Desa Bergang masih dilanda ketakutan, sehingga takut pergi ke kebun sebelum dipastikan bahwa gajah itu sudah benar-benar menjauh.

Tentang | Desa Seliling

Desa Seliling
Website Seliling.COM ini dibuat untuk menjadi media silaturahmi antar warga Desa Seliling dimanapun berada. Jika anda warga Desa Seliling Alian Kebumen Jawa Tengah dimanapun berada, silahkan ikut bergabung dan berkontribusi sebagai kontributor dengan cara Registrasi di pojok kanan atas. Anda bisa mengirimkan tulisan kegiatan warga, artikel, profile pedukuhan, berita pernikahan, wisata, potensi desa, Jalanan rusak, kasus korupsi dan lain-lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *