Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Headline / Desa Unik dan Misterius di Pegunungan Flores
Rumah adat yang ada di sini tidak boleh bertambah, apalagi berkurang. Hanya ada 7 rumah adat . |foto: detikTravel
Rumah adat yang ada di sini tidak boleh bertambah, apalagi berkurang. Hanya ada 7 rumah adat . |foto: detikTravel

Desa Unik dan Misterius di Pegunungan Flores

Desa Seliling | Terkadang setiap desa memiliki cerita misteri di desanya masing-masing. Dari beberapa desa tersebut terkadang memiliki cerita misteri yang tidak bisa diungkap dengan logika dan akal pikir manusia.

Di Indonesia sendiri memiliki banyak desa misterius, namun hanya beberapa desa yang keanehanya membuat banyak orang penasaran dibuatnya. Desa tersebut bernama Wae Rebo, desa misterius di tengah pegunungan Flores.

Bagaimana bisa ada sebuah desa di tengah pegunungan tanpa desa tetangga. Bahkan untuk mencapainya, dibutuhkan 4 jam pendakian. Inilah Wae Rebo, desa misterius di tengah pegunungan Flores.

Dikutip dari detikTravel (13/4/14), Banyak hal yang menjadikan Wae Rebo menarik bagi para wisatawan yang penasaran. Pertama adalah letaknya yang berada di tengah pegunungan Flores. Desa ini tidak memiliki tetangga alias hanya satu-satunya di sana.

Memang, ada banyak desa lainnya di kaki gunung, namun butuh perjalanan 4 jam mendaki untuk mencapai Wae Rebo dari desa terdekat. Hal menarik selanjutnya adalah rumah adatnya yang unik. Berbentuk kerucut, dengan pintu masuk setengah lingkaran yang rendah.

Dari jauh, rumah ini terlihat seperti rumah keong. Tapi siapa sangka, penghuni yang bisa tinggal di dalamnya mencapai 6-8 keluarga. Besar bukan?

Menurut legenda, sang leluhur bernama Empo Maro yang berasal dari Minangkabau hendak mencari area baru untuk membangun desa. Ia berlayar hingga ke pulau itu dan kerap berpindah dari satu kawasan ke kawasan lain.

Hingga pada sebuah malam, Empo Maro bermimpi dibimbing seekor musang ke tengah pegunungan. Sang musang pun menyuruh Empo Maro untuk membangun desa di sini jika ingin desanya aman, tenteram dan jauh dari dendam atau bahaya.

Akhirnya, sang leluhur pun mulai membangun peradaban baru yang kecil di sana. Hingga kini, para penduduk masih hidup dengan bahagia, meneruskan hidup seperti para leluhur mereka.

Uniknya, rumah adat yang ada di sini tidak boleh bertambah, apalagi berkurang. Hanya ada 7 rumah adat atau yang biasa disebut dengan Mbaru Niang. Lalu bagaimana dengan perkembangan jumlah penduduk?

Para penduduk bisa membangun rumah biasa di sekeliling Wae Rebo, atau di kaki gunung. Syaratnya, rumah-rumah baru tersebut tidak boleh mirip dengan Mbaru Niang.

Dengan segala keunikan, Wae Rebo menjadi salah satu destinasi pilihan yang unik untuk didatangi di Flores. Terlihat dari wisatawan yang datang dan rela mendaki beberapa jam untuk melihat dan menikmati suasana di sana.

2687 Total Views 4 Views Today

Tentang | Desa Seliling

Desa Seliling
Website Seliling.COM ini dibuat untuk menjadi media silaturahmi antar warga Desa Seliling dimanapun berada. Jika anda warga Desa Seliling Alian Kebumen Jawa Tengah dimanapun berada, silahkan ikut bergabung dan berkontribusi sebagai kontributor dengan cara Registrasi di pojok kanan atas. Anda bisa mengirimkan tulisan kegiatan warga, artikel, profile pedukuhan, berita pernikahan, wisata, potensi desa, Jalanan rusak, kasus korupsi dan lain-lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *