Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Jawa Tengah / Gudangharjo jadi Desa Wisata Buah Rempah

Gudangharjo jadi Desa Wisata Buah Rempah

Gudangharjo jadi Desa Wisata Buah Rempah.

Desa Seliling | Desa Gudangharjo di Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri diproyeksikan menjadi desa wisata buah dan rempah. Kondisi geologis yang khas desa itu membuat tanaman cabai puyang atau cabai jamu mampu tumbuh dengan bagus.

Bupati Wonogiri, Joko Sutopo mengatakan, kondisi alam Wonogiri bagian selatan cenderung kering. Tetapi, kondisi tersebut membawa hikmah tersendiri. Yakni menciptakan lahan cabai jamu dengan kualitas terbaik. “Itu adalah potensi yang luar biasa,” katanya, saat pencanangan pemberdayaan desa wisata rempah-buah kerja sama PT Sidomuncul dan BRI di pendapa Kabupaten Wonogiri, Jumat (11/3).

Selain di wilayah selatan, potensi budidaya buah dan rempah-rempah juga terdapat di wilayah timur kabupaten tersebut. “Mudah-mudahan (penerapan desa wisata buah-rempah) tidak hanya di Paranggupito. Tapi juga di wilayah timur, dari Ngadirojo ke timur,” pintanya.

Dikutip dari suaramerdeka.com [11/03/16]. Sementara itu, direktur utama PT Sidomuncul, Irwan Hidayat mengatakan, dalam dua atau tiga tahun mendatang, Indonesia akan lebih banyak dikunjungi wisatawan. Adapun Solo, Yogyakarta dan sekitarnya sudah mempunyai market (pasar) tersendiri.

“Wisatawan asing di Yogyakarta bisa sampai dua juta orang per tahun. Kalau infrastrukturnya jadi, bisa ditarik ke Wonogiri yang punya sejarah dan obyek wisata menarik,” katanya.

Adapun produk cabai jamu dari daerah Wonogiri mempunyai kualitas yang bagus. Cabai jamu kualitas bagus di Indonesia juga dijumpai di Madura. Hal itu karena kondisi alamnya yang cenderung kering.

Dia menyatakan akan menerima produk cabai jamu dari desa tersebut, baik dalam bentuk simplisia, potongan (slice), maupun bubuk. Pihaknya juga sedang mencari cara agar cabai jamu bisa diolah dalam bentuk segar, tanpa harus dikeringkan terlebih dahulu.

Tentang | Desa Seliling

Desa Seliling
Website Seliling.COM ini dibuat untuk menjadi media silaturahmi antar warga Desa Seliling dimanapun berada. Jika anda warga Desa Seliling Alian Kebumen Jawa Tengah dimanapun berada, silahkan ikut bergabung dan berkontribusi sebagai kontributor dengan cara Registrasi di pojok kanan atas. Anda bisa mengirimkan tulisan kegiatan warga, artikel, profile pedukuhan, berita pernikahan, wisata, potensi desa, Jalanan rusak, kasus korupsi dan lain-lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *