Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Nasional / Gunung Slamet Keluarkan Percikan Api, Warga Desa Anggap itu Biasa
Asap tebal terlihat di puncak Gunung Slamet | foto: merdeka.com

Gunung Slamet Keluarkan Percikan Api, Warga Desa Anggap itu Biasa

Desa Seliling | Purbalingga, Kondisi Gunung Slamet dikabarkan kembali mengeluarkan percikan api disekitar kawah Gunung Selamet.

Dikutip dari merdeka.com (29/4/14), Warga yang berada di Dusun Bambangan Desa Kutabawa, Kecamatan Karangreja, Purbalingga, Jawa Tengah merasakan getaran saat terjadinya aktivitas Gunung Slamet pada Senin (28/4) malam. Getaran yang dirasakan menyebabkan kaca rumah di dusun yang berjarak sekitar tujuh kilometer dari kawah Gunung Slamet tersebut bergetar.

“Tadi malam besar banget getarannya mas, sampai kaca rumah bergetar,” ujar seorang warga Desa Kutabawa, Mugiyanto (57) saat ditemui, Selasa (29/4).

Mugiyanto mengatakan, getaran tersebut terjadi sekitar pukul 21.00 WIB. Saat itu, dia mengungkapkan, warga sedang menonton televisi. “Tiba-tiba ada getaran besar dan warga sempat keluar rumah ingin melihat penyebabnya,” ujarnya.

Meski begitu, ia menjelaskan warga sudah terbiasa dengan kondisi Gunung Slamet. Menurutnya, pada tahun 2009, warga pernah merasakan getaran yang cukup kuat. “Tetapi warga tidak begitu panik. Mungkin karena sudah biasa jadinya kita tidak menanggapinya berlebihan,” ucapnya.

Saat ini, jelas Mugiyanto, aktivitas Gunung Slamet meningkat. Setiap malam, warga menyaksikan percikan api dari daerah sekitar kawah Gunung Slamet. Menurut relawan SAR Desa Kutabawa, Hadi Purnomo, Gunung Slamet sejak beberapa hari terakhir mengeluarkan percikan api. “Tadi malam warna merah terlihat dari arah puncak gunung. Biasanya disertai suara gemuruh dan getaran,” jelasnya.

Hingga saat ini, status Gunung Slamet masih waspada. Lebih jauh, Hadi mengatakan, warga Kutabawa sudah meningkatkan kewaspadaan. “Saat ini aktivitas warga masih normal dan tidak terpengaruh, tetapi kewaspadaan terus ditingkatkan,” ucapnya.

Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana dan Geofisika (PVMBG) merilis aktivitas Gunung Slamet pada hari Selasa (29/4) mulai pukul 00.00-06.00 WIB, terlihat 52 kali letusan asap putih tebal kecokelatan hingga kelabu tebal berketinggian 150-700 meter.

Selain itu, petugas mencatat adanya 52 kali sinar api diikuti lontaran atau percikan material pijar dengan tinggi 150-700 meter. Sedangkan, luncuran lava pijar mencapai 1.500 meter dari kawah.

Dari Gunung Slamet juga terdengar 26 kali suara dentuman dengan aktivitas kegempaan tercatat 30 kali gempa letusan dan 67 gempa embusan asap.

Tentang | Desa Seliling

Desa Seliling
Website Seliling.COM ini dibuat untuk menjadi media silaturahmi antar warga Desa Seliling dimanapun berada. Jika anda warga Desa Seliling Alian Kebumen Jawa Tengah dimanapun berada, silahkan ikut bergabung dan berkontribusi sebagai kontributor dengan cara Registrasi di pojok kanan atas. Anda bisa mengirimkan tulisan kegiatan warga, artikel, profile pedukuhan, berita pernikahan, wisata, potensi desa, Jalanan rusak, kasus korupsi dan lain-lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *