Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Nasional / Keren! Pemkab Jombang Sediakan Fasilitas Mobil di Setiap Desa untuk Warga
ilustrasi

Keren! Pemkab Jombang Sediakan Fasilitas Mobil di Setiap Desa untuk Warga

Desa Seliling | Jombang, Ide dari Pemkab Jombang ini sepertinya baru kita dengar untuk pertama kali di seluruh Indonesia. Ya! Pemkab Jombang memiliki kebijakan membeli mobil yang diberikan untuk setiap desa di seluruh kabupaten Jombang. Kebijakan ini tentunya perlu diberikan apresiasi atas kebijakan Pemkab Jombang Sediakan Fasilitas Mobil di Setiap Desa untuk Warga.

Dikutip dari detikNews (29/4/14), Mobil-mobil ini akan dibagikan untuk setiap desa di Kabupaten Jombang. Setiap masyarakat desa berhak menggunakan mobil ini.

Pemkab Jombang melakukan pengadaan 153 mobil siaga desa. Tak tanggung-tanggung, dana yang digelontorkan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) anggaran 2014 mencapai hampir Rp 30 miliar.

Menurut Kabag Perlengkapan Pemkab Jombang, Endah Tri Sekti Wati, harga perkiraan sendiri (HPS) yang telah ditetapkan di katalog Lembaga Kebijakan Pengadaan Pemerintah (LKPP) senilai Rp 195 juta untuk setiap unit mobil. Jika pengadaan mobil sebanyak 153 unit, maka total dari dari APBD yang harus digelontorkan mencapai Rp 29,835 miliar.

“Dealer yang ditunjuk LKPP adalah Suzuki Indomobil dari Jakarta. Karena kita membeli dalam jumlah banyak, kita mendapat diskon Rp 16 juta untuk setiap unit. Sehingga harga per unit hanya Rp 179 juta,” jelasnya kepada detikcom saat ditemui di sela ekspose pengadaan mobil siaga desa di kantor Pemkab Jombang, Selasa (29/4/2014).

Bupati Jombang, Nyono Suharli Wihandoko menjelaskan, pembelian ratusan mobil ini bekerjasama dengan LKPP. Ketentuan harga ditetapkan oleh LKPP sesuai harga yang terdaftar di katalog mereka. Ditargetkan, pada tahap pertama pengadaan 153 mobil terealisasi dalam tempo satu bulan ke depan.

“Tahap pertama kita adakan 153 unit dengan anggaran Rp 179 juta kali 153. Diskon yang kita terima senilai Rp 16 juta per unit kita kembalikan ke APBD,” jelasnya.

Sementara Ketua LKPP Agus Rahardjo menegaskan, belanja mobil siaga desa oleh Pemkab Jombang diprediksi tidak akan merugikan keuangan daerah. Pasalnya, harga yang ditetapkan LKPP lebih murah dibandingkan harga di pasar.

“Kalau beli banyak bisa nego kemudian dapat diskon lagi, jadi mudah-mudahan tidak kemahalan. Barangnya bagus, pengadaan cepat dan harganya di bawah harga pasar serta dapat diskon. Mudah-mudahan tidak terjadi kerugian keuangan daerah,” tandasnya.

Informasi yang diterima detikcom, jenis mobil dalam pengadaan kali ini adalah mobil penumpang dari pabrikan Suzuki. Menurut Nyono, mobil-mobil ini akan dibagikan untuk setiap desa di Kabupaten Jombang. Setiap masyarakat desa berhak menggunakan mobil ini.

“Nantinya akan kita standby kan di setiap desa, namun penggunaannya seperti apa masih kita bahas aturannya. Yang pasti untuk kepentingan masyarakat desa,” pungkasnya.

Rencananya, pengadaan mobil siaga desa akan digenapi hingga 306 mobil. Dengan demikian, alokasi APBD yang harus digelontorkan Pemkab Jombang mencapai Rp 6 miliar.

Tentang | Desa Seliling

Desa Seliling
Website Seliling.COM ini dibuat untuk menjadi media silaturahmi antar warga Desa Seliling dimanapun berada. Jika anda warga Desa Seliling Alian Kebumen Jawa Tengah dimanapun berada, silahkan ikut bergabung dan berkontribusi sebagai kontributor dengan cara Registrasi di pojok kanan atas. Anda bisa mengirimkan tulisan kegiatan warga, artikel, profile pedukuhan, berita pernikahan, wisata, potensi desa, Jalanan rusak, kasus korupsi dan lain-lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *