Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Nasional / Luhut Minta Dana Desa Dimanfaatkan untuk Ekonomi Rakyat

Luhut Minta Dana Desa Dimanfaatkan untuk Ekonomi Rakyat

Luhut Minta Dana Desa Dimanfaatkan untuk Ekonomi Rakyat.

Desa Seliling | Menko Polhukam Luhut Binsar Pandjaitan melakukan kunjungan kerja ke Papua. Luhut membeberkan tentang program dana desa yang tahun 2016 dialokasikan Rp 1,4 miliar per desa, untuk 74.754 desa di seluruh Indonesia.

Dikutip dari suaradesa.com “Setiap desa di Indonesia tahun ini akan menerima Rp 1,4 milyar dana desa,” kata Menko Polhukam Luhut Panjaitan saat pertemuan dengan tokoh masyarakat dan pejabat setempat di Papua di Makodam XVII Cenderawasih, Jayapura, [28/3/16].

Menurut Luhut Panjaitan, dana desa tersebut setiap tahun akan bertambah jumlahnya, tahun 2017 akan diberikan sebesar Rp 1,7 miliar per desa dan tahun 2018 sebesar Rp 2,3 miliar.

“Apa maksud pemberian dana desa ini? Agar terjadi pemerataan pembangunan sebagaimana kebijakan Presiden bahwa pembangunan harus dimulai dari Desa. Jadi pembangunan tidak lagi top down, tetapi dimulai dari bawah,” jelas Luhut.

Sasaran dari program dana desa tersebut untuk kesejahteraan masyarakat di desa. “Tentunya dana desa itu harus benar-benar digunakan untuk menumbuhkan ekonomi rakyat,” imbuhnya seraya memberikan contoh seperti membuat koperasi masyarakat bidang peternakan bebek, peternakan babi dan lainnya.

“Kalau kesejahteraan masyarakat bertambah tentu korelasinya keamanan akan semakin baik,” tandasnya.

Khusus bagi provinsi Papua yang penduduk satu desa hanya ada 100-200 orang, Luhut mengatakan dibutuhkan peranan dari Universitas Cenderawasih dibantu Babinsa dan Bakamtifmas untuk mengontrol dana itu apakah digunakan dengan baik. Termasuk dibantu kepolisian dan TNI.

Luhut lalu memberikan contoh desa yang berhasil meningkatkan kesejahteraan warga desa melalui dana desa yang dikucurkan pemerintah.

“Di Jawa Timur, Banten dan daerah lain, hasil dana desa sangat dinikmati oleh petani, karena dana itu digunakan untuk membangun irigasi tertier, sehingga mereka bisa panen sampai 3 kali setahun. Artinya ekonomi rakyat tumbuh,” jelasnya.

Luhut dalam kunjungannya di Papua akan meresmikan peletakan batu pertama pembangunan tugu perbatasan Negara RI-PNG di Wutung, Kota Jayapura. Kemudian memberikan sosialisasi narkotika pada Rapat Koordinasi Bupati dan Walikota se-Provinsi Papua. Selanjutnya Menko Polhukam akan melaksanakan kunjungan ke negara tetangga Papua New Guinea.

Tentang | Desa Seliling

Desa Seliling
Website Seliling.COM ini dibuat untuk menjadi media silaturahmi antar warga Desa Seliling dimanapun berada. Jika anda warga Desa Seliling Alian Kebumen Jawa Tengah dimanapun berada, silahkan ikut bergabung dan berkontribusi sebagai kontributor dengan cara Registrasi di pojok kanan atas. Anda bisa mengirimkan tulisan kegiatan warga, artikel, profile pedukuhan, berita pernikahan, wisata, potensi desa, Jalanan rusak, kasus korupsi dan lain-lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *