Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Nasional / Masyarakat Desa HARUS Ikut Awasi Dana Desa Agar Tidak DIKORUPSI Kepala Desa dan Pamong
ilustrasi gambar: bp.blogspot.com

Masyarakat Desa HARUS Ikut Awasi Dana Desa Agar Tidak DIKORUPSI Kepala Desa dan Pamong

Masyarakat Desa HARUS Ikut Awasi Dana Desa Agar Tidak DIKORUPSI Kepala Desa dan Pamong.

Desa Seliling | Ketakutan korupsi untuk dana desa sebesar Rp 1 Milyar tiap desa tentunya tidak berlebihan. Mental Korup birkorat mulai dari pusat hingga ke tingkat desa di Indonesia memang sudah cukup memprihatinkan.

Namun untuk mencegah terjadinya korupsi dana desa, maka perlu dilibatkan masyarakat desa itu sendiri untuk ikut mengawasi kepala desa dan pamong desa untuk jangan sampai melakukan korupsi dana desa.

Dilansir dari detikNews [20/6/15], diberitakan jika pemerintah pusat melalui program di Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi telah mengucurkan dana sebesar Rp 20 triliun untuk disebar ke puluhan ribu desa se-Indonesia.

Masyarakat di desa yang menerima dana itu diharapkan bisa ikut mengawasi agar tidak terjadi penyelewengan anggaran.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Marwan Jafar mengatakan, dana desa itu adalah amanah yang harus dikelola untuk menggerakkan pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat.

Aparat desa yang menerima anggaran itu diharapkan dapat mencermati dan memahami secara tepat prioritas penggunaan dana desa itu.

“Sebagaimana telah diatur dalam Permendesa Nomor 5 tahun 2015 tentang Penetapan Prioritas Penggunaan Dana Desa. Salah satu program diprioritaskan adalah capacity building atau peningkatan kapasitas masyarakat desa, ini sangat mendesak dan sifatnya prioritas, karena peningkatan kapasitas inilah yang akan menjadikan masyarakat desa lebih berdaya, memiliki pengetahuan, wawasan dan keterampilan atau skill yang lebih baik dalam pelaksanaan pembangunan desa,” jelas Marwan kepada detikcom, Jumat (19/6/2015) malam.

Marwan juga mengatakan, salah satu persoalan mendasar yang dihadapi desa saat ini adalah masih rendahnya kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di desa. Ini juga termasuk aparatur desa yang notabene memegang kekuasaan administrasi pemerintahan dan
pengelolaan dana desa. Untuk itu aparatur desa juga diharapkan bisa meningkatkan kualitas tata kelola keuangan.

“Kepala Desa agar melakukan capacity building khususnya untuk meningkatkan kualitas tata kelola keuangan desa sehingga dana desa benar-benar dipergunakan sebagaimana mestinya, sehingga dalam penggunaan dana desa nantinya tidak timbul masalah hukum di kemudian hari,” kata Marwan.

Selain itu, Marwan juga meminta keterlibatan masyarakat desa dalam mengawasi penggunaan dana desa ini. “Masyarakat desa juga sangat butuh untuk ditingkatkan pemahaman dan wawasannya terkait pembangunan desa, pentingnya berperanserta dalam pelaksanaan pembangunan desa, aktif dalam musyawarah desa dan kegiatan kegiatan pemberdayaan masyarakat desa, terutama ikut mengawasi penggunaan dana desa agar benar-benar untuk kemajuan dan kesejahteraan seluruh masyararakat desa,” kata Marwan.

Tentang | Desa Seliling

Desa Seliling
Website Seliling.COM ini dibuat untuk menjadi media silaturahmi antar warga Desa Seliling dimanapun berada. Jika anda warga Desa Seliling Alian Kebumen Jawa Tengah dimanapun berada, silahkan ikut bergabung dan berkontribusi sebagai kontributor dengan cara Registrasi di pojok kanan atas. Anda bisa mengirimkan tulisan kegiatan warga, artikel, profile pedukuhan, berita pernikahan, wisata, potensi desa, Jalanan rusak, kasus korupsi dan lain-lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *