Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Headline / Menteri Ingatkan Kepala Desa untuk Jangan Sampai Korupsi Dana Desa!
ilustrasi gambar: bp.blogspot.com

Menteri Ingatkan Kepala Desa untuk Jangan Sampai Korupsi Dana Desa!

Menteri Ingatkan Kepala Desa untuk Jangan Sampai Korupsi Dana Desa!

Desa Seliling | Adanya dana desa yang jumlahnya hingga Milyaran, tentunya hal ini bisa menjadi kabar bahagia. Namun diluar kabar bahagia tersebut juga muncul “ancaman” yang sangat besar jika sampai dana desa tersebut dikorupsi.

Kekhawatiran terkait kemungkinan adanya korupsi dana desa ini bukan tanpa alasan. Mental korup di Indonesia dari dulu sudah dikenal mulai dari pejabat negara hingga pejabat desa sudah adabanyak contoh yang sudah melakukan korupsi.

Terkait dengan kekhawatiran ini, Menteri Desa juga sempat menyampaikan kekhawatiranya sekaligus memberikan peringatan kepada seluruh kepala desa dan pamong di seluruh Desa di Indonesia agar berhati-hati dalam menggunakan dana desa tersebut.

Dikutip dari jpnn.com [20/2/15], Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (DPDTT), Marwan Jafar, mengingatkan penggunaan dana desa harus dilakukan selaras dengan rencana pembangunan yang dirancang Pemerintah Daerah setempat.

Dikatakan, penggunaan anggaran jangan sampai di luar ketentuan peraturan yang ada karena dapat berakibat sanksi hukum.

“Termasuk di Lombok Tengah ini, nanti bapak-ibu harus menggunakan dana tersebut sesuai dengan RPJMDes (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa,red) dan RKPDes (Rencana Kerja Pemerintah Desa,red) yang selaras dengan rencana pembangunan Kabupaten Lombok Tengah,” ujarnya dalam pertemuan dengan para Kepala Desa se-Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), Jumat (20/2).

Selain mengingatkan, pemerintah menurut Marwan juga akan melakukan sejumlah langkah-langkah untuk menjaga dana desa tidak disalahgunakan. Antara lain, semua penggunaan dana desa akan diaudit langsung Badan Pemeriksan Keuangan (BPK).

Karena itu para kepala desa diimbau dapat menggunakannya secara terukur, terarah serta dapat dipertanggungjawabkan. Untuk tahap pertama, masing-masing desa dianggarkan akan menerima dana sebesar Rp 750 juta yang meliputi dana desa dari pemerintah pusat dan alokasi dana desa (ADD) di tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota.

“Saya sangat berharap bapak/ibu menggunakan dana ini dengan tepat. Karena kalau BPK menemukan laporan yang mencurigakan, anda sendiri yang akan rugi. Saya berharap berapapun dana yang diterima dapat dikelola secara maksimal untuk kepentingan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Sementara itu terkait dugaan penyelewengan yang pernah dilakukan beberapa kepala desa di Lombok Tengah, Marwan menegaskan, pihaknya akan membentuk tim untuk melakukan pembinaan dan pelatihan kepada seluruh Kades di Indonesia. Kebijakan itu diterapkan untuk mematangkan konsep penggunaan anggaran desa, sehingga tidak menimbulkan masalah hukum di kemudian hari.

“Untuk Kades di daerah yang seringkali berujung pada masalah hukum akan mendapatkan perlakuan khusus, menyangkut kades. Mereka akan disiapkan pendampingan dari tim,” ujarnya.

Tim menurut Marwan, nantinya akan memberikan berbagai pemahaman pokok tentang tugas pemerintah desa, baik menyangkut pelayanan birokrasi desa, maupun pengelolaan dan penggunaan anggaran desa.

“Jadi intinya harus mengedepankan transparansi serta akuntabel. Karena setiap pengeluaran dan pemasukan anggaran, harus dapat dipertanggungjawabkan melalui laporan penggunaan anggaran desa. Implementasi kebijakan yang saya keluarkan itu akan melibatkan pemerintah provinsi, maupun kabupaten/kota. Kita harus bersama-sama memberi pembinaan, pendampingan dan pengarahan kepada kades,” ujarnya.

Tentang | Desa Seliling

Desa Seliling
Website Seliling.COM ini dibuat untuk menjadi media silaturahmi antar warga Desa Seliling dimanapun berada. Jika anda warga Desa Seliling Alian Kebumen Jawa Tengah dimanapun berada, silahkan ikut bergabung dan berkontribusi sebagai kontributor dengan cara Registrasi di pojok kanan atas. Anda bisa mengirimkan tulisan kegiatan warga, artikel, profile pedukuhan, berita pernikahan, wisata, potensi desa, Jalanan rusak, kasus korupsi dan lain-lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *