Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Artikel / Perangkat Desa Harus Mampu Operasikan Komputer

Perangkat Desa Harus Mampu Operasikan Komputer

Perangkat Desa Harus Mampu Operasikan Komputer.

Desa Seliling | Pemerintah Kabupaten Wonosobo, melalui Bagian Pemerintahan Setda mulai sosialisasikan Rancangan Peraturan Desa (Raperda) dan Peraturan Bupati (Perbup) seputar desa. Salah satunya, perangkat desa yang mendaftar harus bisa mengoperasikan komputer dan tidak memiliki tanggungan di bank.

Menurut Kepala Bagian Pemerintahan Setda, Tri Antoro, saat membuka sosialisasi di RM Sari Rasa, Senin (21/12), raperda yang disosialisasikan adalah pilkades, SOTK desa dan pengisian perangkat desa serta perbup tentang desa. Dikatakan, pihaknya siap mendampingi desa agar menjadikan desa lebih berdaya, maju dan sejahtera, sesuai amanat UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang desa.

Dari UU ini kewenangan yang diatur dan diurus desa semakin luas serta meningkatnya sumber pendapatan dari pemerintah. Untuk itu diperlukan regulasi yang mengatur pengelolaan pemerintahan desa, mulai dari pemilihan kepala desa, penataan kelembagaan pemerintahan desa termasuk dalam pengisian perangkat desa. Di depan puluhan camat se Wonosobo, ia berharap melalui sosialisasi ini pembangunan desa bisa dilaksanakan dengan baik.

Dikutip dari suaramerdeka.com Sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan kualitas hidupnya. Selain itu, juga bisa menanggulangi kemiskinan melalui penyediaan pemenuhan kebutuhan dasar, pembangunan sarana dan prasarana desa, pengembangan potensi ekonomi lokal, pemanfaatan sumber daya alam dan lingkungan secara berkelanjutan.

Menurut Kepala Sub Bagian Pemerintahan Desa atau Kelurahan Bagian Pemerintahan Sekretariat Daerah Kabupaten Wonosobo, Amin Purnadi, dalam raperda pilkades diatur jika terjadi kekosongan jabatan kepala desa dalam penyelenggaraan pemilihan kepala desa serentak bupati menunjuk penjabat kepala desa, yang berasal dari PNS di lingkungan pemerintah daerah.

Selain itu, diatur persyaratan calon kepala desa, di antaranya tidak sedang memiliki tanggungan dengan pemerintah desa, misalnya tidak memiliki tunggakan simpan pinjam desa dan tidak memiliki permasalahan terkait dengan keuangan desa lainnya. Surat Pernyataan Hal ini menurut Amin, dibuktikan dengan surat pernyataan tidak sedang memiliki tanggungan yang dibuat oleh yang bersangkutan di atas kertas segel atau bermaterai cukup dan diketahui oleh Kepala Desa dan Ketua BPD.

Selanjutnya jika dalam hal bakal calon yang memenuhi persyaratan kurang dari dua orang, panitia pemilihan memperpanjang waktu pendaftaran selama 20 hari. Terkait SOTK desa, Amin menyampaikan, jumlah personel perangkat desa yang akan duduk dalam organisasi pemerintah desa disesuaikan dengan luas wilayah, jumlah penduduk, kebutuhan dan kemampuan keuangan desa, potensi dan ketersediaan sumber daya manusia serta kondisi sosial budaya masyarakat setempat.

Ketentuan lebih lanjut mengenai perhitungan jumlah personel perangkat desa sendiri diatur dengan peraturan bupati. Sedangkan untuk persyaratan umum calon perangkat desa, berpendidikan paling rendah Sekolah Menengah Umum atau yang sederajat, dan berusia 20 tahun sampai dengan 42 tahun pada saat mendaftar.

Selain itu memenuhi syaratsyarat teknis lainnya, seperti mampu mengoperasionalkan komputer yang dibuktikan dengan sertifikat keahlian yang dikeluarkan lembaga pendidikan keterampilan yang berizin dan terdaftar secara resmi pada SKPD terkait dan yang diperoleh paling lama 2 tahun sebelum tanggal pendaftaran ditutup.

Tentang | Desa Seliling

Desa Seliling
Website Seliling.COM ini dibuat untuk menjadi media silaturahmi antar warga Desa Seliling dimanapun berada. Jika anda warga Desa Seliling Alian Kebumen Jawa Tengah dimanapun berada, silahkan ikut bergabung dan berkontribusi sebagai kontributor dengan cara Registrasi di pojok kanan atas. Anda bisa mengirimkan tulisan kegiatan warga, artikel, profile pedukuhan, berita pernikahan, wisata, potensi desa, Jalanan rusak, kasus korupsi dan lain-lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *