Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Jawa Tengah / Petani Mengeluh, Jelang Panen Harga Gabah Anjlok

Petani Mengeluh, Jelang Panen Harga Gabah Anjlok

Petani Mengeluh, Jelang Panen Harga Gabah Anjlok.

Desa seliling | Kalangan petani di Kabupaten Banyumas mengeluh anjloknya harga gabah menjelang musim panen raya ini. Gabah basah saat ini hanya dihargai Rp 3.200 per kg. Padahal sepekan sebelumnya masih bertahan Rp 3.800 per kg.

Ketua Kelompok Tani Marga Jaya Desa Pegalongan Kecamatan Patikraja, Tamba, mengatakan, saat ini kondisi hasil panenan kurang bagus karena sebagian tanaman padi terserang hama wereng dan roboh terkena angin. “Ini ditambah harga beli gabah sekarang terus menurun. Kalau hasil panen bagus tidak masalah,” katanya, Dikutip dari suaradesa.com [05/03/16].

Menurutnya, akibat serangan hama wereng dan blas, hasil panen turun lebih dari 50 persen. Dia mengaku, dengan pola tanam metode Hazton dan pertumbuhan selama masa vegetatif, seharusnya padi di lahan sawah seluas 0,3 hektare yang ditanami hasil gabah basah seberat 2 ton.

“Karena kena hama wereng dan blas, hasilnya turun jadi 8 kwiintal gabah basah. Hama wereng dan blas menyebabkan bulir-bulir padi jadi tidak berisi, sehingga rendemen padi juga menjadi sangat rendah, karena kebanyakan berupa gabah kopong,” jelasnya.

Tentang | Desa Seliling

Desa Seliling
Website Seliling.COM ini dibuat untuk menjadi media silaturahmi antar warga Desa Seliling dimanapun berada. Jika anda warga Desa Seliling Alian Kebumen Jawa Tengah dimanapun berada, silahkan ikut bergabung dan berkontribusi sebagai kontributor dengan cara Registrasi di pojok kanan atas. Anda bisa mengirimkan tulisan kegiatan warga, artikel, profile pedukuhan, berita pernikahan, wisata, potensi desa, Jalanan rusak, kasus korupsi dan lain-lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *