Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Profil Desa di Indonesia / Profil Desa Gogodeso
Suasana saat Pelantikan Pengurus Desa Gogodeso | Gambar: gogodeso.wordpress.com

Profil Desa Gogodeso

Profil DESA GOGODESO.

Desa Seliling | DESA GOGODESO adalah salah satu desa yang telah sukses mengantarkan warganya menjadi wirausaha yang sukses. DESA GOGODESO merupakan nama salah satu desa yang terletak kurang lebih 12 KM disebelah timur laut kota Blitar atau 140 KM dari kota Surabaya, Jawa Timur. Desa Gogodeso masih berada di wilayah kecamatan Kanigoro dan Kabupaten Blitar.

Seperti desa-desa di Indonesia pada umumnya, desa Gogodeso merupakan kesatuan masyarakat hukum yang memiliki batas-batas wilayah yang berwenang untuk mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat setempat terutama diwilayah desa Gogodeso, berdasarkan asal-usul dan adat istiadat yang diakui dan dihormati dalam sistem pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Desa Gogodeso memiliki luas wilayah kurang lebih 300,390 ha/m2 dengan perincian sebagai lahan sawah dan untuk pemukiman serta bangunan-bangunan.

Perbatasan Desa GogoDeso

Desa yang mengapit (berbatasan) dengan desa Gogodeso antara lain:

  • Desa Gaprang terletak disebelah utara desa Gogodeso
  • Desa Karangsono terletak disebelah timur desa Gogodeso
  • Desa Darungan terletak disebelah selatan desa Gogodeso
  • Desa Jatinom disebelah barat dari desa Gogodeso

Wilayah desa Gogodeso termasuk wilayah dataran rendah dengan ketinggian sekitar 50 meter diatas permukaan laut. Dari desa Gogodeso juga terlihat pegunungan yang menjulang dan berderet yang merupakan bagian dari pegunungan Selatan Jawa letaknya disebelah selatan dan jika dilihat pada pagi dan sore hari memiliki daya tarik dan keindahan tersendiri.

Desa Gogodeso merupakan daerah cukup air dalam artian merupakan daerah yang sumber air untuk pertaniannya sangat cukup tersedia. Curah hujannya mendukung maka dalam satu tahun dapat memanen padi sebanyak dua kali.

4 Dusun di Desa Gogodeso

Desa Gogodeso terdiri dari 4 dusun yaitu dusun Dogong, Dusun Gogodeso, dusun Ngade, dan dusun Serut. Dusun Gogodeso terletak disebelah barat daya desa, Dusun Dogong terletak di sebelah barat laut, Dusun Ngade terletak di sebelah timur dan merupakan pusat dari pemerintahan desa Gogodeso, dan sedangkan dusun Serut terletak disebelah selatan.

Wisata di Desa Gogodeso

Didesa Gogodeso juga terdapat salah satu tempat wisata yang cukup terkenal yaitu Bendungan Lodoyo, yang treletak di dusun Serut, merupakan salah satu pembangkit listrik yang ada di Sungai Brantas. Tempat ini sering dikinjungi para warga luar daerah, demi menyaksikan keindahan alam, memancing juga kadang menyaksikan pagelaran budaya juga musik dangdut.

Potensi Desa Gogodeso

Peninjauan Lahan Potensi Desa |gambar: gogodeso.wordpress.com

Adapun potensi yang terdapat di Desa Gogodeso diantaranya:

  • Pertanian

Di setiap Dusun yang terdapat di Desa Gogodeso memiliki lahan pertanian yang cukup luas, jenis tanaman yang umum ditanam seperti padi, jagung, palawija, beberapa tanaman holtikultura lainnya.

  • Peternakan

Bidang peternakan di Desa Gogodeso memiliki potensi yang sangat baik. Dibeberapa Dusun, diantaranya Dusun Serut dan Dusun Dogong telah berdiri peternak-peternak yang sukses dengan sistem pengelolaan yang tersusun dengan baik. Ternak yang mendominasi seperti ayam petelur, ayam pedaging, sapi ( jawa , limosin, dll ), kambing, dan bebek.

  • Industri Kecil Menengah

Masyarakat Desa Gogodeso juga banyak yang bergerak di Bidang Usaha Kecil Menengah seperti:

  1. Usaha produk olahan seperti roti dan makanan kecil lainnya. Seperti yang terdapat pada Dusun Ngade dimana terletak Usaha Roti Kalimasada yang pada tahun 2011 mendapatkan penghargaan dari Presiden SBY sebagai Usaha Mikro Teladan Nasional.
  2. Usaha kerajinan tangan.
  3. Usaha yang bergerak di bidang jasa, dll .
  • Perikanan

Adanya aliran sungai Brantas merupakan rejeki tersendiri buat warga Desa Gogodeso, selain rutin tiap tahun mencari ikan karena pengelolaan sungai (ngesat kali), juga membuat sektor perikanan Desa Gogodeso pun memiliki potensi yang cukup baik. Kondisi ini dimanfaatkan betul oleh masyarakat Serut untuk mendirikan kelompok tani perikanan dengan membuat kolam air tawar dan keramba dengan jenis ikan seperti Nila, dan Mujahir, dsb. Walaupun tergolong baru, namun pengelolaan dan sistem kerjanya tergolong sukses.

  • Pariwisata dan Kebudayaan

Karena berada dipusat yang cukup ramai, maka Desa Gogodeso selalu banyak disinggahi masyarakat luar, sekedar berwisata akhir pekan di Bendungan, juga merupakan salah satu akses jalan menuju Kota Blitar dari kawasan atau daerah Blitar Selatan. Selain itu, Gogodeso juga menyuguhkan keramahtamahan sebagai salah satu cindera mata yang dapat dinikmati bagi semua yang mengunjungi Desa Gogodeso.

Motto Desa Gogodeso

Motto Desa Gogodeso:

Hurub Hambangun Praja (Bahu membahu membangun masyarakat)

Penduduk: Jumlah 5.367 jiwa

Luas: 300.390 ha/m²

Pembagian administratif: 4 Dusun ( Gogodeso, Ngade, Serut, Dogong)

Kepala Desa: Choirul Anam, S.Ag.

Telepon: 0342 810307

Blog: www.gogodeso.wordpress.com

sumber: gogodeso.wordpress.com

Tentang | Desa Seliling

Desa Seliling
Website Seliling.COM ini dibuat untuk menjadi media silaturahmi antar warga Desa Seliling dimanapun berada. Jika anda warga Desa Seliling Alian Kebumen Jawa Tengah dimanapun berada, silahkan ikut bergabung dan berkontribusi sebagai kontributor dengan cara Registrasi di pojok kanan atas. Anda bisa mengirimkan tulisan kegiatan warga, artikel, profile pedukuhan, berita pernikahan, wisata, potensi desa, Jalanan rusak, kasus korupsi dan lain-lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *