Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Nasional / Rp 46,6 Triliun Dana Desa Dikucurkan 16 Maret 2016

Rp 46,6 Triliun Dana Desa Dikucurkan 16 Maret 2016

Rp 46,6 Triliun Dana Desa Dikucurkan 16 Maret 2016.

Desa Seliling | Dana desa tahun 2016 sebesar Rp46,6 triliun dikucurkan pada 16 Maret 2016 oleh Kementerian Desa Pembangunan Desa Tertinggal dan Transmigrasi.

“Dana desa tahun ini lebih besar dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya Rp
Rp20,7 triliun. Artinya, setiap desa akan mengelola uang secara mandiri sebesar Rp500-800 juta,” jelas Menteri Desa Pembangunan Desa Tertinggal dan Transmigrasi di kantornya, Selasa (1/3).

Bahkan, lanjutnya, pemerintahan Jokowi sudah mencanangkan Dana Desa 2017 dinaikkan lagi menjadi Rp81,1 triliun sehingga masyarakat desa bisa mengelola lebih dari Rp1 miliar per desa.

Marwan menambahkan, penyaluran dan desa saat ini lebih disederhanakan menjadi dua tahap. “Tahap pertama sebesar 60 persen dan tahap dua 40 persen. Tahun lalu dicairkan dalam tiga tahap,” ujar Menteri Desa PTT.

Dana desa tersebut, lanjutnya, dari negara akan disalurkan dulu ke Rekening Kas Umum Daerah (RKUD) baru ke Rekening Kas Umum (RKU) Desa

“Sebenarnya kami sudah meminta kepada Menteri Keuangan agar dana tersebut disalurkan langsung ke rekening desa tapi belum dikabulkan. Kami juga berharap tidak ada lagi Perbub (peraturan bupati) atau Perwali, namun belum bisa. Yang penting kami minta pemda setempat tidak menghambat pencairan dana desa,” ujar Marwan yang didampingi Sekjen Anwar Sanusi dan Dirjen Pembangunan Masyarat Desa.. BERTAMBAH

Tahun ini, jumlah desa yang mendapat dana desa jumlahnya bertambah, dari 74.093 desa tahun 2015 menjadi 74.753 desa. “Dana Desa adalah program unggulan Pemerintah Jokowi dan baru pertama kali dalam sejarah republik Indonesia,” tuturnya.

Sama seperti tahun sebelumnya, Dana Desa digunakan untuk membangun infrastruktur desa seperti jalan desa, irigasi, sanitasi, jalan usaha tani, embug, dan proyek sara desa lainnya, serta peningkataan ekonomi masyarakat, dengan memaksimalkan potensi desa.

Dia berharap, tahun ini tidak ada lagi kesalahan dalam penggunaan dana desa. Untuk mengantisipasi pelanggaran penggunaan dana desa, ata satgas dana desa yang mengawasi, dan tenaga pendamping mulai tingkat desa hingga kecamatan.

Dikutip dari poskotanews.com [02/03/16]. “Kita mengawal desa-desa tumbuh menjadi mandiri. Masyarakat desa kita dorong agar merdeka secara ekonomi, sosial, politik, dan dengan kepribadian budaya yang berwibawa di mata dunia,” jelasnya.

Tentang | Desa Seliling

Desa Seliling
Website Seliling.COM ini dibuat untuk menjadi media silaturahmi antar warga Desa Seliling dimanapun berada. Jika anda warga Desa Seliling Alian Kebumen Jawa Tengah dimanapun berada, silahkan ikut bergabung dan berkontribusi sebagai kontributor dengan cara Registrasi di pojok kanan atas. Anda bisa mengirimkan tulisan kegiatan warga, artikel, profile pedukuhan, berita pernikahan, wisata, potensi desa, Jalanan rusak, kasus korupsi dan lain-lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *